Bersatu kita teguh: MISI SOSIAL GEREJA

Bab. 2

Bersatu kita teguh: MISI SOSIAL GEREJA

Lakukan hal-hal baik yang bisa kau lakukan, dengan semua sarana, dalam semua macamnya, di semua tempat, di segala waktu, untuk semua orang, selama kau bisa (John Wesley, 1703-1791)_ungkapan ini dikenal sebagai “Peraturan John Wesley”

22. Mengapa Gereja mempunyai Ajaran Sosial?

Manusia itu sungguh-sungguh  Makhluk SOSIAL. Di surga maupun di bumi, ia membutuhkan komunitas masyarakat. Dalam Perjanjian Lama, Allah memberikan kepada umat-Nya aturan dan perintah-perintah manusiawi; sehingga manusia dapat hidup secara adil dan baik. Akal budi manusia dapat membedakan tingkah laku yang adil atau yang tidak, yang penting bagi pembangunan tatanan yang adil atau yang tidak penting.. Dalam Yesus kita melihat bahwa keadilan pertama-tama terpenuhi di dalam kasih. Pemahaman kita sekarang mengenai solidaritas terinspirasi dari ajaran Kristiani kasih kepada sesama.

——–

Catatan

SOSIAL dari bahasa Latin socialis = kemasyarakatan:  yang berkaitan dengan hidup (yang ditata) bersama orang-orang di suatu negara atau masyarakat; yang menyangkut persekutuan/perkumpulan manusiawi, yang termasuk di dalamnya.

———-

Sumber:Docat, Penerbit PT. Kanisius, hlm.34.

Please follow and like us: