Bersatu Kita Teguh: MISI SOSIAL GEREJA (26-27)

Bab.2.

BERSATU KITA TEGUH:  MISI SOSIAL GEREJA

26. Mengapa Gereja tidak memberikan perhatian kepada orang per orang saja?

Dulu orang menuduh Gereja hanya memperhatikan keselamatan jiwa orang per orang. Memang sebetulnya setiap orang diperhitungkan di hadapan Allah. Kita semua unik dan tak tergantikan. Namun demikian, sejak dari rahim kita bergantung pada kebersamaan dengan orang-orang lain. Hanya dalam relasi yang baik dengan orang lain kita dapat merasa bahagia. Maka sejak penciptaan dikatakan: Berkatalah Tuhan Allah, “Tidak baik manusia seorang diri saja. Aku akan menciptakan bagi dia penolong yang sepadan dengan dia.” (Kej 2: 18) Allah menaruh perhatian pada kebahagiaan manusia menyeluruh, dan juga pada perkembangannya, di mana manusia ambil bagian dengan aneka cara: dalam persekutuan/ paguyuban.

27. Mengapa Gereja mempraktikkan solidaritas?

Gereja yang tidak solider, melawan dirinya sendiri. Gereja merupakan tempat terjadinya solidaritas Allah dengan manusia. Dalam persekutuan Gereja, kasih Allah harus menemukan perwujudan manusiawinya dan pada akhirnya menjangkau semua orang. Gereja merupakan tempat Allah ingin menghimpun semua orang: “Kemah Allah ada di tengah-tengah manusia.” (Why 21: 3) Gereja itu “tanda dan sarana” (LUMEN GENTIUM 1) bagi persatuan seluruh umat manusia dengan Allah dan dengan sesamanya. Melalui Gereja, seturut teladan Tuhan yang solider dengan mereka yang tak berdaya, para korban ketidakadilan dan orang-orang miskin, Allah mencoba menjangkau dan membantu semua orang dari semua bangsa dan budaya. Kapan pun manusia berusaha membangun dunia menjadi lebih manusiawi, Allah mendampinginya. Maka, Gereja solider dengan semua yang ingin menghadirkan keselamatan Allah di dunia.

———–

PESAN:

Tak bisa lagi dikatakan bahwa agama hanya bisa berpengaruh di ruang-ruang privat  yang terbatas dan berguna hanya untuk menyiapkan jiwa-jiwa masuk ke surga.

Paus Fransiskus, EG.182

 

Sumber: DOCAT – Penerbit PT. Kanisius hal.  36 – 37.

Please follow and like us: