Peringatan Wajib St. Ignatius Loyola

Bersama Santo Ignasius dari Loyola (1491-1556), pendiri Orde Jesuit, yang kita peringati pesta namanya hari ini, marilah kita memperkuat batin kita dengan mengolah rohani kita melalui “Latihan Rohani” yang telah dirintis oleh Ignasius dan kawan-kawannya dan sampai sekarang dijalani oleh para calon imam Jesuit serta juga para awam yang ingin mencoba membentengi batin mereka melawan kekuatan si jahat. Seperti Ignasius, yang dulunya seorang perajurit lalu meninggalkan segala gemerlap hidupnya sebagai bangsawan dan masuk ke dalam hidup membiara untuk memperkokoh batinnya dan mempersembahkan seluruh hidupnya hanya demi kemuliaan TUHAN yang lebih besar, marilah kita berani melawan segala hawa nafsu duniawi yang dapat menjerumuskan hidup kita ke dalam api neraka.

Semboyan hidupnya yang terkenal adalah “Ad Maiorem Dei Gloriam” (AMDG) = Demi Kemuliaan ALLAH yang lebih besar: Ini berarti apa pun yang kita pikirkan, kita rencanakan dan kita kerjakan harus satu tujuannya ialah: Demi Kemuliaan ALLAH, bukan demi kemashuran nama diri kita sendiri! – Apakah AMDG sudah menjadi pola hidup kita?

Ya TUHAN, sinarilah dunia ini dengan Terang-MU agar dapat mengusir segala kegelapan. Kuatkanlah diriku agar aku mampu melawan godaan si Iblis. Santo Ignasius Loyola, tularkanlah semangat ksatriamu dan kerendahan hatimu kepadaku. Amin.(Sumber: Ragi, 31 Juli 2018)

Please follow and like us: