Karya Perutusan Yesuit

Serikat Yesus terpanggil untuk ikut berjuang di bawah Salib Tuhan demi keselamatan jiwa-jiwa dan demi kemuliaan Tuhan yang lebih besar.

Dewasa ini Serikat Yesus merupakan Ordo Religius terbesar di dalam Gereja Katolik. Sejak awal, Serikat Yesus hadir untuk melayani. Maka dari itu anggotanya  tersebar di seluruh dunia untuk melaksanakan tugas pelayanan ini. Oleh karena itu, selain menaati Pemimpin Tertinggi, yaitu Pater Jendral, setiap Yesuit juga memiliki ketaatan khusus kepada Paus untuk diutus kemanapun demi keselamatan jiwa-jiwa dan kemuliaan Tuhan yang lebih besar.

JRS

Dewasa ini tugas perutusan Serikat Yesus ialah unutk mewartakan iman dan menegakkan keadilan. Iman dan keadian ibarat dua sisi dari mata uang yang sama. Tidak ada pewartaan iman apabila penegakan keadilan dikesampingkan.

Yesuit sekarang juga terpanggil untuk berdialog dengan pluralitas budaya dan agama. Bersama dengan semua orang yang berkehendak baik, Yesuit menjawab tantangan dan mencari solusi atas persoalan kerusakan alam dan radikalisme agama.

Karya pelayanan Serikat Yesus amat bervariasi sesuai kebutuhan masyarakat setempat. Ada yang bergerak di pendidikan dasar sampai Universitas, di kalangan buruh dan petani, melayani para pengungsi, mengelola percetakan majalah dan publikasi lainnya, di Paroki dan rumah retret dan sebagainya. Yesuit juga akan hadir dan berkarya di medan yang membutuhkan pelayanan dan ternyata belum ada yang menanganinya.