Penelitian Batin

Dalam Spiritualitas Ignatian pemeriksaan batin adalah bentuk doa yan sangat penting dan tidak boleh dilupakan. Doa yang diambil dari tradisi para Jesuit selama hampir 500 tahun ini sangat membantu kita dalam menumbuhkan relasi personal dengan Tuhan sendiri.

examen1

Pemeriksaan batin adalah sebuah doa untuk menemukan gerak roh di dalam hidup harian kita. Doa ini dapat dilakukan di mana saja: di sela-sela istirahat makan siang di kantor, di mobil, di kamar, di perpustakaan atau di tempat lainnya. Biasanya pemeriksaan batin ini dilakukan dua kali sehari: pertama pada tengah hari dan kedua menjelang tidur di malam hari. Masing-masing dilakukan selama kurang lebih 15 menit.

Ada beberapa langkah sederhana untuk melakukan pemeriksaan batin atau Examen ini. Tetapi yang penting sebelum melakukannya ialah kemauan batin dan kesadaran diri.

Carilah tempat yang tenang atau memungkinkan anda hening. Tak perlu banyak pikiran, cukup hening dan menyadari diri dan sadar bahwa Allah hadir bersama anda saat itu. Kalau menutup mata malah terganggu, jangan lakukan itu. Relaks dan tenang saja.

  1. Sadarilah bahwa anda hadir di hadapan Tuhan.Kesadaran bahwa kita hadir di hadapan Allah akan membawa kita kembali menyadari bahwa kita adalah ciptaanNya dan menyadari bahwa cinta Tuhan selalu menyertai hidup kita.

 

  1. Mohon bimbingan Roh Kudus agar bisa mengenali karya Tuhan dalam pengalaman anda hari ini; dan juga memohon agar bisa mengenali tipu daya roh jahat yang ingin menjauhkan anda dari Tuhan.

 

  1. Lihatlah kembali peristiwa yang terjadi dalam hidup anda selama hari yang sudah berlalu. Tidak perlu detail. Fokuskan pada pengalaman mengesan: entah karena membuat anda gembira, damai, optimis … atau pengalaman yang membuat sedih, marah… Hidupkanlah kembali pengalaman itu. Rasakan kembali suasana batin anda ketika pengalaman itu terjadi. Ucapkan syukur atas pengalaman yang mendewasakan dan mendekatkan diri anda pada Tuhan dan sesama. Mohon ampun atas kelemahan dan kejatuhan anda karena godaan setan.

 

  1. Temukan 2 pengalaman yang membuat anda bersyukur pada Tuhan karena pengalaman itu menumbuhkan kualitas diri anda. Temukan 2 pengalaman yang anda sesali karena pengalaman itu mengganggu pertumbuhan diri anda dan menjauhkan anda dari Tuhan dans sesama. Ambilah satu pengalaman yang akan anda ubah di kemudian hari.

 

  1. Mohon kepada Tuhan kehendak kuat dan hati tulus untuk memperbaiki diri di hadapanNya. Mohon tekad kuat untuk tidak bekerjasama dan menolak segala tipu daya roh jahat.
  2. Ditutup dengan doa spontan …