Bersatu kita teguh: MISI SOSIAL GEREJA (24-25)

24. Siapakah yang menentukan Ajaran Sosial Gereja itu?

Semua anggota Gereja seturut dengan tugas dan karisma masing-masing mengambil bagian dalam perkembangan Ajaran Sosial Gereja. Prinsip-prinsip Ajaran Sosial Gereja dirumuskan di dalam dokumen-dokumen penting Gereja. Ajaran Sosial Gereja merupakan ‘ajaran resmi’ Gereja. Kuasa mengajar Gereja – yakni Paus dan para uskup yang berada dalam kesatuan dengan Paus -menekankan berulang kali kepada Gereja dan umat manusia, bagaimana suatu masyarakat yang sosial, adil, dan damai itu harus terwujud.

 

25.Bagaimana terbentuknya Ajaran Sosial Gereja?

Tak seorang pun dapat mendengarkan Injil tanpa merasa tertantang secara sosial. Kendati begitu, istilah “Ajaran Sosial Gereja” mengacu pada pernyataan-pernyataan terhadap persoalan-persoalan sosial yang dikemukakan oleh kuasa mengajar Gereja sejak terbitnya ensiklik RERUM NOVARUM dari Paus Leo XIII.

Dengan mulainya industrialisasi di abad ke-19 muncullah suatu persoalan sosial yang sama sekali baru. Sebagian besar orang tak lagi bekerja di lahan pertanian melainkan di sekitar industri. Saat itu tak ada perlindungan kerja, asuransi kesehatan atau cuti. Bahkan anak-anak juga dipekerjakan. Lalu serikat-serikat buruh berdiri untuk memperjuangkan suara para buruh. Bagi Paus Leo XIII jelaslah bahwa ia harus menanggapinya dengan tindakan yang di luar kebiasaan.

Dalam ensikliknya RERUM NOVARUM ia menjelaskan gambaran tatanan sosial yang adil. Sejak saat itu para Paus selalu menanggapi “tanda-tanda zaman” secara baru dan dalam tradisi RERUM NOVARUM menyinggung persoalan-persoalan sosial yang amat mendesak. Pernyataan-pernyataan yang dalam perjalanan waktu dijadikan satu, akhirnya disebut “Ajaran Sosial Gereja”.  Di samping pernyataan-pernyataan Gereja yang sifatnya universal, yakni pernyataan Paus, konsili atau kuria Roma, ikut pula di dalamnya, pernyataan suatu konferensi waligereja, ke dalam Ajaran Sosial.

———–

Sumber: DOCAT – Penerbit PT. Kanisius hlm. 35 – 36

Please follow and like us: