Meditasi

Meditasi dan Kontemplasi

Dalam Spiritualitas Ignasian, ada dua cara doa yang khas yang sering dipakai dalam Rtret atau Latihan Rohani St. Ignatius Loyola. Dua cara doa itu ialah “meditasi” dan “kontemplasi”. Dalam tradisi meditasi dan kontemplasi masuk dalam kelompok “mental prayer” atau doa hening. Doa heing bukanlah doa pasif. Doa hening itu doa penuh kesadaran. Doa ini sangat personal dengan menggunakan kemampuan manusiawi, seperti panca indra, akal budi, imaginasi dan rasa perasaan.

 med

Meditasi

Meditasi merupakan doa mental yang secara aktif menggunakan tiga daya jiwa manusia, yaitu Akal budi, Ingatan dan Kehendak. Doa ini lebih berwarna diskursif karena menggunakan daya-daya akal budi untuk menimbang, memahami, mengaitkannya dengan ingatan masa lalu dan mengarahkan ke depan lewat kehendak. Meditasi biasanya dipakai untuk medoakan teks-teks Kitab Suci yang berupa ajaran.

Langkah Meditasi:

  • Persiapan:

Tempat doa dan disposisi batin yang pantas untuk berdoa.

Heningkan diri lewat penyadaran diri …

Mohon rahmat untuk konsentrasi dan hanya mengarahkan hati padaNya.

  • Kitab Suci:

Bacalah teks pelan-pelan …

Mohon rahmat yang kubutuhkan saat ini (id quod volo)

Baca teks lagi tetapi berhenti pada kata atau frase yang menarik .. untuk dimeditasikan.

  • Berhentilah pada teks itu:

Pakai akal budi: dalam konteks dirimu, pekerjaanmu, hidupmu … bagaimana batin anda memahami teks ini (bukan kata orang lain atau buku …). Kalau teks ini menyentuh anda, pasti ada pengertian batin tertentu.

Memory: kalau teks itu nyambung, biasanya ada pengalaman tertentu di masa lalu. Coba temukan dalam diri anda, apakah anda memiliki pengalaman yang mendekati makna teks itu?

Kehendak: apa yang hendak anda lakukan ke depan ini supaya nilai dalam teks ini semakin menumbuhkan saya. Tanpa kehendak yang kuat, semua yang ada dalam doa bisa menguap begitu saja.

  • Wawancara rohani: lakukan wawancara rohani dengan Yesus atau Maria terkait dengan doa yang anda lakukan saat ini. Lakukan wawancara ini seakrab mungkin.
  • Doa penutup.