Taman

thumb_IMG_0640_1024

Persoalan ekologi sudah menjadi kesadaran dan kebutuhan hidup. “Go green” dalam banyak hal sudah menjadi tuntutan ketika kita membangun sebuah fasilitas kehidupan. Tanpa kecuali itulah yang menjadi pemikiran pokok ketika kita berbicara mengenai fasilitas retret dan semacamnya. Maka muncullah istilah retret integral, retret ekologis atau retret kontemplatif.

RRPS terus membenahi taman dan lingkungan yang memang sudah asri, agar lebih menjawab kebutuhan pengguna.

  • Kehadiran lingkungan yang penuh tumbuhan hijau akan menjawab kerinduan batin banyak orang yang ingin menghayati imannya dalam keharmonisan dengan alam
  • Alam lingkungan yang hijau dan rindang bisa menjadi perwahyuan akan kehadiran Allah yang terus hadir dan mencipta
  • Panca indra yang bersentuhan dengan alam bisa menyegarkan stamina batin
  • Kesadaran akan “go green” akan mudah terganggu oleh tiadanya lingkungan yang mendukung. Maka lingkungan yang kondusif bisa membantu dinamika rohani selama retret.

Di bagian utama, ada taman di dalam yang luas untuk menciptakan suasana meditatif dan kontemplatif. Hadirnya burung, ayam (meskipun di kandang) dan ikan di kolam, memberi warna lain dalam doa dan renungan kita.

Di sekeliling bangunan bagian luar, ada taman dengan jalan setapak yang bisa dipakai untuk latihan rohani. Banyak orang memakai jalan melingkar ini untuk olah raga jalan-jalan atau bahkan ber-jogging.

thumb_IMG_0639_1024 thumb_IMG_0625_1024