RENUNGAN # 18 JANUARI

18 JANUARI

“Pengantar untuk Melakukan Pemilihan. Dalam semua pemilihan yang baik, sejauh itu terserah pada kita, mata tujuan kita harus murni, semata-mata hanya memandang untuk apa aku diciptakan, yaitu untuk memuji Allah Tuhan kita dan untuk menyelamatkan jiwaku. Oleh karenanya, bagaimanapun jua, pilihanku haruslah dimaksudkan untuk menolong aku menuju kepada tujuan aku diciptakan. Aku tidak boleh mengatur atau menundukkan tujuan ke arah sarana, tetapi sarana ke arah tujuan.” (169a-a)

Gereja Katolik terus-menerus berkontemplasi dan merespon perubahan internal maupun eksternal yang berlangsung tiada henti. Meski berbagai keputusan baru terus dibuat untuk menanggapi perubahan, Gereja tidak boleh melupakan nilai inti. Melulu demi kemajuan atau kemoderenan, bukan cita-cita Gereja yang profetis. Kemajuan harus didorong ke depan sambil tetap mempertahankan visi dan misi. Kerasulan Gereja melangkah maju setiap hari sambil membawa dalam bawah sadarnya cita-cita awal.

Sebagaimana berlangsung dalam banyak realita hidup, meski kita sudah menyusun planning detil dan rapih, Roh Kudus kerap bertiup ke arah yang tidak tersangka-sangka. Untuk itulah Gereja juga harus tetap tersenyum dan gembira, dalam mengikuti ke mana Roh Kudus hendak membimbing.

BUTIR-BUTIR ROHANIKU HARI INI?

 

 

--------------------
MENEMUKAN HIDUP BARU DALAM KRISTUS
Januari – Juni

Greg Soetomo, SJ

Penerbit:
Komunitas Awam Putri Sion
Nomer WA: +62 857 8019 0002
komunitasputrision@yahoo.com

Cetakan pertama, April 2021

Share :